Home » , » Sejarah Logo / Lambang Manchester United (MU)

Sejarah Logo / Lambang Manchester United (MU)














Sejarah Logo Manchester United


Pada akhir tahun 1960-an lambang setan mulai dimasukkan menjadi bagian dari badge Manchester United. Setan berwarna merah yang sedang memegang Garpu Tala tepat diletakkan pada tengah logo. Menurut catatan, Matt Busby mengambil logo setan tersebut dari sebuah Klub Rugbi Salford City Reds Rugby. Logo klub rugbi tersebut juga ada gambar setannya. Logo setan merah dengan garpu tala juga ditemui pada lambang freeBSD sebuah sistem operasi berbasis Linux keluaran Berkeley Software Distribution (BSD).


Logo pertama :














Dalam logo ini, gambar yang ditonjolkan adalah binatang. Binatang tersebut berada disisi kiri dan kanan. Berdasarkan sejarah, kedua binatang yang tertera di logo tersebut adalah seekor singa dan seekor binatang mirip kuda. Maksud dari gambar kedua binatang tersebut kurang lebihnya Manchester United dapat bermain cepat seperti larinya kuda dan garang seperti singa. Tujuan utama tentunya meraih kemenangan. 

Gambar perahu sudah ada dalam logo generasi pertama yang menandakan bahwa Manchester United terletak di sebuah kota pelabuhan.

Logo Kedua :















Dalam logo ini, masih tetap menonjolkan gambar binatang. Hanya saja ada sedikit penambahan pada ornamennya. Itu di maksud untuk menambah keindahan dan daya tarik. Gambar perahu masih tetap ada. Tulisan latin yang berbunyi “ Concillo et Labore “ lebih ditekankan. 

Dalam bahasa Inggris, tulisan tersebut merupakan “ Wisdom and effort “ artinya Kebijaksanaan dan Usaha.Maksudnya, klub tersebut diharapkan dalam mencapai segala usaha untuk kejayaan klub di lakukan dengan cara bijaksana. Logo ini merupakan logo lama dan diperkenalkan pada era 1940an.

Logo Ketiga :
















Di era ini, logo telah berubah secara drastis. Gambar dua binatang yang ada di logo lama kini tidak ada lagi. Logo ini lebih sederhana dan warna merah yang merupakan warna dominan Manchester United lebih ditonjolkan. Satu lagi gambar perahu masih tetap ada. Dan itu tak akan pernah dihilangkan sampai kapanpun. Itu merupakan rasa cinta terhadap daerahnya. Gambar logo di buat lebih modern dan tidak ada bentuk aneh dan rumit pada logo sebelumnya. 

Tulisanpun telah di ganti dengan nama club Manchester United Football Club. Ini mengindikasikan bahwa Manchester United telah menjadi klub profesional. Logo ini diperkenalkan di era 1950an sampai 1960an.

Logo Keempat :















Di era Sir Matt Busby, manchester United mendapat julukan “The Red Devils” alias setan merah. Julukan ini melekat bukan tanpa sebab, melainkan berdasarkan fakta di lapangan. Saat itu Manchester United merupakan tim yang permainannya paling jago. Ciri khasnya adalah garang dan kemenangan selalu diraih. Bukan hanya itu saja, Manchester United juga sering meraih gelar juara baik di piala FA maupun di Liga Inggris.Maka, pantas julukan setan merah melekat di Manchester United. 
Untuk lebih menguatkan julukan tersebut, gambar setan mulai terpampang di logo Manchester United. 

Gambar Setan dengan memegang trisula tersebut terpampang di tengah logo. Era tersebut disebut era kedatangan Red Devils, dan itu terjadi pada tahun 1973-1988. Tulisan yang tertera berbunyi Manchester United Football Club masih sama dengan era sebelumnya.

Logo Kelima dan Terakhir :




















Ini merupakan perubahan logo Manchester United yang terakhir. Logo ini memang sengaja diperkenalkan karena Manchester United telah berbentuk Plc atau sudah menjadi perusahaan go public. Dalam hal ini, orang luar boleh membeli saham Manchester United dan turut dalam jajaran kepemilikan Mancheste United.Manchester United sendiri terdaftar go public sejak 1991.Logo anyar ini baru diperkenalkan pada tahun 1998. Bedanya tidak mencolok. Ciri khas Manchester United dengan gambar perahu tetap ada. Warna dominan masih merah dan gambar setan juga terpampang dengan jelas. Perubahan yang terjadi hanya pada tulisan. 

Yang sebelumnya tertulis Manchester United Football Club, kini berganti Manchester United saja. Logo tersebut lebih sederhana dan gampang dikenali. 

Logo tersebut masih tetap digunakan sampai sekarang walaupun Manchester United tidak lagi berbentuk Plc.

Oke demikian info yang bisa saya berikan, semoga bermanfaat bagi para Fans Manchester United

0 komentar:

Post a Comment


Support : Rajanyagamee
Copyright © 2013. Dunmay - All Rights Reserved
Blogger Givo Parsi Nugraha , Email
Thanks to Maskolis